17 December 2008

Semut

Kalau kita baca kalimat semut, kita akan membayangkan semut serangga yang kecil, suka berkerumun di tempat yang manis, selalu berkelompok, kompak dll. Itulah serangga yang namanya semut.
Semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Perihal dan tingkah laku semut tersebut sebenarnya bisa menjadi pemahaman dalam hidup kita sehari-hari dan bisa di jadikan pembelajaran. Ada beberapa filosofi yang menceritakan tentang semut tersebut salah satunya adalah :

SEMUT TIDAK PERNAH MENYERAH

· Jika langkah semut terhalang dan Anda berusaha menghentikan langkahnya, maka semut akan mencari jalan yang lain. Bahkan mereka akan terus berbaris beriringan mengikuti langkah pemimpinnya sampai pada tujuannya.

· Semut akan berjalan naik ke atas, berjalan turun ke bawah dan bahkan berkeliling sampai menemukan jalan.

· Semut terus berusaha mencari jalan yang lain.


Pelajarannya :

Jangan pernah menyerah untuk mencari jalan keluar sampai tujuan tercapai.



No comments:

Post a Comment