13 November 2008

Beribadah bukan karena Allah

Hidup merupakan anugrah yang kuasa yang di berikan kepada kita umat manusia untuk menjalankan kehidupan di muka bumi ini. Akan tetapi hidup itu akan lebih bermagna bagi orang-orang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah tanpa pamrih atau punya maksud lain di balik perbauatannya.

Dalam hidup ini selalu berusahalah untuk berbuat baik dan saling tolong menolong atar sesama dan yang paling utama sekali adalah selalu mendekatkan diri kepada Allah se iklas mungkin tanpa ada maksud tertentu. Karena segala amal baik akan mendapatkan tempat nantinya di sisi Allah SWT dan masing-masing kita akan mendapatkan ganjaran di hari pembalasan nanti yaitu Surga dan Neraka.

Dalam sebuah riwayat diceritakan orang-orang yang digiring ke neraka. Allah SWT memerintahkan agar Malik (malaikat penjaga neraka) tidak membakar kaki-kaki mereka, sebab kaki-kaki itu pernah dilangkahkan ke masjid dan tidak membakar tangan-tangan mereka, sebab tangan-tangan itu pernah diangkat untuk berdoa. Malik bertanya, “Apa yang terjadi kepada kalian hai orang-orang celaka?” Ahli neraka menjawab,”Kami dahulu beramal bukan karena Allah” (BiharAl-Anwar 8:325).

Riwayat lain bercerita tentang orang yang membaca Al-Qur’an siang dan malam, yang terbunuh fisabilillah, dan yang menginfakkan hartanya. Ketiga-tiganya dimasukkan ke neraka. Yang pertama masuk neraka karena ingin disebut qari’, yang kedua ingin disebut pemberani, dan yang ketiga ingin dipanggil orang dermawan (Bihar Al-Anwar 72:305).

Dari riwayat yang di terangkan di atas dapat di ambil hikmah betapa murkanya Allat SWT terhadap orang-orang yang selalu mendekatkan diri kepadannya akan tetapi di balik pendekatan diri kepadan Allah SWT tersebut ada niat dan maksud lain bukan karena Allah.

Semoga kita bukan bagian dari orang-orang tersebut, Amin.[sinksonk/Ed]

No comments:

Post a Comment