13 November 2008

Bekerja dan Kepuasan Bekerja

Bekerja, kata bekerja di sini sempat terlintas juga di pikiran saya kira-kira apa yah defenisi bekerja tersebut ?

Setelah saya coba cari-cari artikel di internet dan saya telaah devinisi bekerja tersebut tidak ada yang menjelaskan definisi bekerja tersebut secara ilmiah hanya pemberian contoh dalam kehidupan sehari-hari saja yaitu pergi pagi pulang sore, pakai baju rapi, pakai dasi, pakai sepatu mengkilat, dandanan necis trus akhir bulan bawa uang hasil bekerja kira-kira seperti tersebut definisi yang di dapatkan dan akhirnya saya coba mendefinisikan dengan versi saya sendiri :p (keren kan bisa mendefenisikan versi sendiri walaupun itu mungkin salah :P )

Bekerja adalah mengerjakan sesuatu pekerjaan sesuai dengan tujuan, schedule dan aturan yang telah di tetapkan oleh suatu individu atau organisasi dengan prinsip saling menguntungkan sehingga menjadikan hidup menjadi berarti. (ini kira-kira definis bekerja versi saya).

Dalam bekerja tentu ada target yang musti kita capai dan ujung-ujung nya akan berakhir ke pendapatan serta kepuasan dari hasil kerja tersebut. Coba kita bayangkan seandainya kita bekerja tanpa ada tujuan, kepuasan serta saling menguntungkan dalam mengerjakan sesuatu tentunya tidak akan kita laksanakan.

beberapa peneliti menyimpulkan kepuasan bekerja adalah penentu dari komitmen atas dasar pertukaran sumber daya antara individu dan organisasi (Angle & Perry, 1983; Williams & Hazer, 1986) dalam Martin (1996).

Begitu kebutuhan individu terpuaskan, hal itu akan mengikat individu itu pada organisasi. Komitmen pada organisasi dapat dipandang sebagai hasil dari pengikatan pada organisasi itu (Martin; 1996).

Jadi dapat di simpulkan bawasannya tujuan akhir dalam bekerja adalah kepuasan individu serta organisasi dalam menyelesaikan pekerjaan dengan konsekwensi saling menguntungkan.[sinksonk/Ed].

No comments:

Post a Comment